Bagaimana Rasulullah Shollohu Álaihi wa Salla Merawat "Jerawat"?


Jauh beradab - abad yang lalu Rasulllah mengajar cara mengatasi jerawat. Jauh sebelum teknologi modern ada, bahkan apa yang Rasulullah ajarka terbukti secara ilmiah.
Masya Allah, sungguh Islam melalui Rasullah sangat memperhatikan umatnya. Bahkan untuk masalah jerawat, Rasulullah mengajarkan cara perawatan dan penanggulangannya. Jerawat bagi sebagian orang mengganggu, apalagi ketika jerawat menyebabkan radang atau infeksi.

Sedangkan menurut ulama Ibnu Qayyim Al-Jawziyah, jerawat atau dalam bahasa arab disebut "batsrah" adalah sejenis benjolan kecil yang terdiri dari semacam dzat panas yang tumbuh secara alami.

Lalu bagaimana Rasulullah merawat wajah dan mengobati "Jerawat"?

1. Berwudhu
Rasulullah menganjurkan bagi kita untuk menjaga wudhu, ketika kita berwudhu maka kita membersihkan kotoran kotoran penyebab jerawat dari muka. Rasulullah bersabda:

"Tahukah kalian bila seseorang memiliki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya di antara kuda-kuda yang berwarna hitam, yang tidak ada warna selainnya, bukankah Ia akan mengenali kudanya? Para sahabat menjawab, Tentu Ya Rasulullah, Rasulullah kemudian bersabda, Umatku nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi, kedua tangan dan kaki karena bekas wudhu mereka." (HR Muslim)

Selain membersihkan wajah dari kotoran, wudhu juga dapat menggugurkan dosa dari tubuh, sebagimana hadist Rasulullah: 

"Begitu seseorang berwudhu misalkan pada urutan pertama berkumur dan menghirup air, kemudian mengeluarkannya dari hidungnya melainkan keluar semua dosa-dosa dari mulut dan hidung. Kemudian jika ia membasuh mukanya menurut apa yang diperintahkan Allah, jatuhlah dosa-dosa mukanya dari ujung jenggotnya bersama tetesan air. Kemudian bila membasuh kedua tangan sampai kedua siku, jatuhlah dosa-dosa dari ujung jari-jarinya bersama tetesan air. Kemudian mengusap kepala maka jatuh semua dosa dari ujung rambut bersama tetesan air, kemudian membasuh dua kaki sampai ke mata kaki, maka jatuhlah semua dosa kakinya dari ujung jari bersama tetesan air. Maka bila ia shalat sambil memuja dan memuji Allah menurut lazimnya, dan membersihkan hati dari segala sesuatu selain Allah, maka keluar dari semua dosanya bagaikan lahir dari perut ibunya." (HR Muslim)

 Insya Allah ketika kita menjaga wudhu maka akan mendapatkan kebaikan yang berlipat
- Menghilangkan kotoran
- Menggugurkan dosa

2.   Mengoleskan Minyak Zarirah (minyak pohon arum/pacar belanda) ke Wajah

Istri nabi Aisyah R.A bercerita, suatu hari pada haji wada' Rasulullah SAW menemui istri Beliau. Rasulullah lalu melihat di antara dijari jemari mereka tumbuh semacam jerawat. Rasulullah lantas bertanya kepada istrinya, “Apakah engkau punya minyak wangi dzarirah?.” Mereka menjawab punya. Rasulullah bersabda, “Bubuhkan dijerawatmu itu seraya membaca doa

Allahumma musogghiral kabiir wa mukabbiras soghir soggir maabi

artinya: "Ya Allah, yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawat ini."

Hadits yang diakui oleh Adz-Dzahabi di atas dikeluarkan oleh Al-Hakim. Adz-Dzahabi mengatakan sanadnya shahih.

Silakan dicoba, semoga bermanfaat dan pahala mengalir. Aamiin

Pohon Arum atau Pacar Belanda

Bentuk Tumbuhan Arum atau Pcar Belanda





0 comments:

Post a Comment