Rasulullah Berwudhu Dengan 1 Mud=1 Gelas Air Mineral


Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melakukan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan , kedua mata-kaki (Al-Maaidah:6)

Nabi shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah orang yang sangat hemat ketika berwudhu dalam menggunakan air. Beliau pun mewanti - wanti umatnya untuk hemat. Dalam hadits yang sifatnya umum agar jangan sampai boros. Beliau pun menjelaskan bahwa di antara umatnya ada yang berlebih-lebihan dalam Thoharoh (bersuci). (HR. Ahmad)

Tatkala Nabi -Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersama sahabat Beliau melewati sebuah sungai, ketika beliau (Sa’ad) sedang berwudhu, maka beliau bersabda kepadanya:
“Janganlah kalian boros dalam (penggunaan) air”, maka beliau (Sa’ad) berkata, “Apakah dalam (masalah) air ada pemborosan?”, beliau bersabda, “Iya, walaupun kamu berada di sungai yang banyak airnya”. (HR. Ahmad)

Bagaimanakah Rasulullah Shollohu Álaihi wa Sallam berwudhu?
Rasulullah hanya menggunkan air sebanyak 1 mud, 1 mud=1 gelas air mineral.
Apa hikmah Rasulullah hanya memakai 1 muk air untuk berwudhu? tidak lain karena menghindari berlebih - lebihan dalam memakai air ketika berwudhu. Lalu apakah bisa menggunakan air 1 mud dipakai untuk wudhu?
Jawabannya bisa, berikut ini video cara Rasulullah berwudhu sesuai hadist hadist shahih. semoga bermanfaat dan dapat diamalkan

0 comments:

Post a Comment