Bacalah Ayat Kursi, Kandungannya Sangat Agung






عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ رضي الله عنه: قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : يَا أَبَا الْمُنْذِرِ! أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ؟ قَالَ: قُلْتُ: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ: يَا أَبَا الْمُنْذِرِ! أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ؟ قَالَ: قُلْتُ: اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ... قَالَ: فَضَرَبَ فِي صَدْرِي وَقَالَ: وَاللَّهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ.
 

Dari Ubay bin Ka'ab رضي الله عنه beliau berkata, "Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda (kepadaku): "Wahai Abul Mundzir (Ubay bin Ka'ab), apakah kamu mengetahui ayat apakah yang paling agung dalam Al-Qur’an yang ada padamu (yang kamu hafal)?". Aku menjawab, "Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahuinya". Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda (lagi): "Wahai Abul Mundzir, apakah kamu mengetahui ayat apakah yang paling agung dalam Al-Qur’an yang ada padamu (yang kamu hafal)?". Maka aku berkata," (Ayat al-Kursi) Allah tidak ada sembahan yang benar kecuali Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri sendiri dan menegakkan makhluk-Nya.. ." (QS. al-Baqarah:255). Maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم menepuk dadaku dan bersabda, 'Demi Allah, ilmu akan menjadi kesenangan bagimu, wahai Abul Mundzir!'". (HR. Muslim: 810)

Hadits yang agung tersebut menunjukkan betapa besarnya keutamaan membaca dan merenungkan Ayat  al-Kursi, karena ayat al-Kursi khusus menjelaskan tentang nama-nama Allah عزّوجلّ yang Maha Indah dan sifat-sifatNya yang Maha Tinggi, dan semua ayat atau surah dalam al-Qur’an yang kandungannya seperti ayat kursi kedudukannya lebih utama dan lebih mulia dibandingkan dengan yang lain.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah رحمه الله pernah berkata, "Di dalam al-Qur’an terdapat penjelasan (tentang) nama-nama, sifat-sifat dan perbuatan-perbuatan Allah عزّوجلّ yang lebih banyak daripada penjetasan tentang makanan, minuman dan pernikahan di surga. Dan ayat-ayat yang mengandung penjelasan nama-nama dan sifat-sifat Allah عزّوجلّ lebih utama kedudukannya daripada ayat-ayat tentang Hari Kemudian. Maka, ayat yang paling agung dalam al-Qur’an adalah Ayat al-Kursi yang mengandung penjelasan nama-nama dan sifat-sifat Allah عزّوجلّ. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits shahih riwayat Imam Muslim dari Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم di atas".

FAIDAH HADIST


Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits tersebut, antara lain sebagai berikut:
•    Arti Ayat al-Kursi sebagai ayat yang paling agung dalam al-Qur’an adalah pahala membaca ayat Kursi dan merenungkannya lebih besar, makna yang dikandungnya lebih agung dan pengaruh menghayati isinya untuk menguatkan iman lebih besar dibandingkan ayat-ayat lainnya karena mengandung nama-nama Allah.
•    Imam Ibnul Qayyim رحمه الله juga menjelaskan tentang ayat Kursi dalam ucapan beliau, "Sesungguhnya sebagian dari sifat dan perbuatan Allah عزّوجلّ lebih utama dari sebagian (yang lain)..., sebagaimana sifat rahmat-Nya lebih utama daripada sifat murka-Nya. Oleh karena itu, sifat rahmat-Nya mengalahkan dan mendahului (kemurkaan-Nya)

Demikian pula firman Allah عزّوجلّ yang (termasuk) sifat-Nya. Sudah diketahui bahwa firman Allah yang mengandung pujian bagi Allah, menyebutkan sifat-sifat (kesempurnaan) Allah dan kewajiban mentauhidkan-Nya lebih utama daripada firman-Nya yang berisi celaan terhadap musuh-musuh Allah dan penjelasan tentang sifat-sifat buruk mereka.
Oleh karena itu, surat al-lkhlas lebih utama daripada surat al-Lahab (al-Masad), dan dalam hadist Rasulullah surah al-lkhlas sebanding pahala membacanya dengan pahala membaca sepertiga dari al-Qur’an. Demikian pula ketika membaca Ayat Kursi adalah ayat yang paling utama dalam al-Qur’an."
•    Syaikh   Muhammad  bin  Shalih  al-'Utsaimin رحمه الله  berkata, "Hadits ini menunjukkan bahwa al-Qur’an berbeda-beda keutamaannya satu ayat dengan ayat yang lain, sebagaimana juga ditunjukkan dalam hadits tentang surat al-lkhlas di atas. Pembahasan masalah ini harus diperinci dengan penjelasan berikut: jika ditinjau dari segi zat yang berfirman dengan al-Qur’an, maka al-Qur’an tidak berbeda-beda keutamaannya, karena Dzat yang mewayuhkannya adalah satu, yaitu Allah عزّوجلّ. Adapun jika ditinjau dari segi kandungan dan pembahasan maknanya, maka al-Qur’an berbeda-beda keutamaannya satu ayat dengan ayat yang lain. Surat al-lkhlas yang berisi pujian bagi Allah عزّوجلّ karena mengandung nama-nama dan sifat-sifat Allah عزّوجلّ, tentu tidak sama dari segi kandungannya dengan surat al-Masad (al-Lahab) yang berisi penjelasan tentang keadaan Abu Lahab yang mendustakan agama Allah.
Demikian pula al-Qur’an berbeda-beda keutamaannya satu ayat dengan ayat yang lain dari segi pengaruhnya terhadap hati manusia dan kekuatan uslub (gaya bahasanya). Karena kita dapati di antara ayat-ayat al-Qur’an ada yang pendek tetapi berisi nasehat dan berpengaruh besar bagi hati manusia, sementara kita dapati ayat lain yang jauh lebih panjang, tapi tidak berisi kandungan seperti ayat yang pendek". Namun, bukan berarti ada ayat yang tidak bermakna, semua bermakna hanya isi kandungannya berbeda-beda
•    Hadits ini juga menunjukkan keutamaan Sahabat Ubay bin Ka'ab رضي الله عنه dan ketinggian ilmunya.

0 comments:

Post a Comment