Rasulullah Mengajarkan Ada 12 Bacaan Doa Ketika Sujud Dalam Shalat Berdasarkan hadits Shahih


Tahukah kita bahwa ada banyak doa yang diajarkan Rasulullah ketika kita sujud dalam shalat, kita bisa menggunakan yang mana saja dari doa - doa yang diajakan. berikut ini doa - doa ketika sujud menurut hadits yang Shahih:
سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى
"Mahasuci Tuhanku yang Mahatinggi”. (dibaca 3 x)1
سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى وَبِـحَمْدِهِ
"Mahasuci Tuhanku yang Mahatinggi dan segala puji bagi-Nya”. (dibaca 3 x)2
سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ، رَبُّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحِ
"Mahasuci lagi Maha Kudus, Tuhan semua malaikat dan Ruh3
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ
"Mahasuci Engkau, wahai Tuhan. Segala puji bagi-Mu. Ya Allah! Ampunilah aku.”4
اَللَّهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَلَكَ أَسْلَمْتُ، وَأَنْتَ رَبِّـيْ،سَجَدَ وَجْـهِي لِلَّذِيْ خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ فَأَحْسَنَ صَوَرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ
"Ya Allah, hanya kepada-Mu aku bersujud, hanya Kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku berserah diri. Engkaulah tuhanku, wajahku berserah diri kepada Tuhan yang telah menciptakan dan membentuknya dengan bentuk yang sebaik-baiknya, Tuhan yang telah membuka pendengaran dan penglihatan. Mahamulia Allah, Pencipta yang sebaik-baiknya.5
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ، وَدِقَّهُ وَجِلَّهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَعَلَانِيَتَهُ وَسِرَّهُ
"Ya Allah, ampunilah seluruh dosaku, baik yang kecil maupun yang besar, baik yang dahulu maupun yang akan datang, baik yang terang-terangan maupun yang tersembunyi”.6
سَجَدَلَكَ سَوَادِيْ وَخَيَالِي، وَآمَنَ بِكَ فُؤَادِي، أَبُوْءُ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، هَذِيْ يَدِيْ وَمَاجَنَيْتُ عَلَى نَفْسِيْ
"Bersujud kepada-Mu pikiranku dan agan-anganku dan beriman kepada-Mu hatiku. Aku mengharapkan nikmat-Mu kepadaku. Inilah kedua tanganku dan semua keselahan yang aku datang menyerahkan diriku dengan semua kesalahanku”.7
سُبْحَانَ ذِي الْـجَبَرُوْتِ وَاْلـمَلَكُوْتِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ
"Mahasuci tuhan yang memiliki keperkasaan, segala kekuasan, kebesaran dan keagungan”.8
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، لآإِلَهَ إِلَّا أَنْتَ
"Mahasuci Engkau, ya Allah, Segala puji bagi-Mu. Tiada tuhan kecuali Engkau”.9
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَاأَسْرَرْتُ وَمَاأَعْلَنْتُ
"Ya Allah, ampunilah aku atas segala dosa yang kulakukan secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan”.10
اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي لِسَانِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي سَمْعِي نُورًا وَاجْعَلْ فِي بَصَرِي نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ تَحْتِيْ نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِي نُورًا وَعَنْ يَـمِنِي نُورًا وَعَنْ يَـسَارِيْ نُورًا وَاجْعَلْ أَمَامِي نُورًا وَاجْعَلْ خَـلْفِيْ وَاجْعَلْ فِيْ نَفْسِيْ نُورًا وَأَعْطِمْ لِي نُورًا
"Ya Allah, masukkan cahaya dalam hatiku, cahaya pada lisanku, masukkanlah cahaya pada pendengaranku, masukkanlah cahaya pada penglihatanku, dan letakkanlah cahaya dibawahku, letakkanlah cahaya diatasku, disebelah kananku, disebelah kiriku dan letakkanlah cahaya didepanku, letakkanlah cahaya di belakangku, dan letakkanlah cahaya didalam diriku dan tajamkanlah cahaya untukku.11
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَأَعُوْذُ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ، لاَ أُحْصِيْ ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ
"Ya Allah, dengan keridhaan-Mu, aku berlindung dari kemurkaan-Mu, dengan pengempunan-Mu, aku berlindung dari siksamu; dengan perlindungan-Mu aku berlindung dari ancaman-Mu. Aku tidak sanggup menghitung pujian terhadap-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri”.12

0 comments:

Post a Comment